September 23, 2021

5 Pertanyaan Wawancara Berbasis Kompetensi Teratas

Pertanyaan wawancara berbasis kompetensi membantu manajer perekrutan memahami bagaimana Anda akan bereaksi dalam skenario tempat kerja tertentu. Melampaui wawancara berbasis keterampilan tradisional, pertanyaan yang berpusat pada kompetensi menggunakan contoh pengalaman kehidupan nyata sebagai indikator utama untuk memprediksi kinerja kerja di masa depan.

Cara paling efektif untuk menjawab pertanyaan kompetensi adalah dengan menggunakan teknik STAR.

Situasi – di mana contoh itu terjadi?

Tugas – pekerjaan/tugas apa yang harus Anda selesaikan?

Tindakan – bagaimana kamu melakukannya?

Hasil – hasilnya

Sebelum wawancara Anda, bersiaplah untuk kemungkinan pertanyaan berbasis kompetensi. Anda juga dapat menggunakan contoh-contoh ini sebagai penelitian tentang lamaran pekerjaan berbasis kompetensi.

1. Apa pencapaian terbesar Anda?

Kami merekomendasikan bahwa untuk pekerja berpengalaman Anda menyebutkan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan sedangkan untuk kandidat yang tidak berpengalaman gunakan contoh prestasi pribadi.

Seperti ini:

“Saya berlatih tahun lalu untuk maraton. Berlari tidak pernah menjadi sesuatu yang alami bagi saya, tetapi saya berlatih keras dan mengumpulkan lebih dari £1000 untuk amal.”

Contoh untuk karyawan yang berpengalaman:

“Menerima tantangan sebagai supervisor. Saya awalnya memulai sebagai junior dan bekerja dengan cara saya untuk mengelola tim yang terdiri dari sepuluh orang. Melalui bimbingan yang hebat, saya dengan cepat menjadi mapan dalam peran baru saya dan membangun hubungan yang kuat dengan semua orang di tim saya.”

2. Ceritakan tentang saat Anda menggunakan keterampilan komunikasi Anda untuk bekerja secara kolaboratif dalam sebuah tim?

Pewawancara ingin tahu seberapa baik Anda bekerja dengan orang lain dan apakah Anda memiliki keterampilan komunikasi yang kuat untuk unggul dalam peran tersebut.

Buktikan Anda melakukannya, dengan contoh ini:

“Saya bekerja dengan baik dengan orang lain dan menggunakan keterampilan organisasi saya yang kuat untuk menyatukan sekelompok orang. Dalam peran saya sebelumnya, saya mengerjakan kampanye media besar yang membutuhkan banyak masukan berbeda dari desainer dan pengembang tim. Saya menavigasi tenggat waktu dan menyatukan pekerjaan semua orang untuk memastikan kami semua memenuhi tujuan kampanye, dengan sukses.”

3. Jelaskan saat Anda memecahkan masalah yang sulit di tempat kerja?

Skenario sulit dalam pekerjaan paling baik digambarkan sebagai saat di mana Anda merasa tertantang dan didorong keluar dari zona nyaman Anda. Ini jelas tidak boleh diambil sebagai kesempatan untuk mulai memilih dan menjelek-jelekkan rekan kerja sebelumnya. Melainkan kesempatan untuk mendiskusikan hasil dari masalah dan hasil positifnya.

Contoh yang bagus:

  • Kemampuan untuk menyelesaikan proyek di bawah tenggat waktu yang ketat
  • Meliputi untuk peran tingkat senior
  • Menyelesaikan masalah klien
  • Mengelola beban kerja bervolume tinggi
  • Memenuhi harapan klien/manajer

Kemampuan Anda untuk mengenali situasi yang sulit dan merenungkan bagaimana Anda mengatasinya adalah kunci untuk menjawab pertanyaan wawancara ini.

4. Bagaimana Anda menangani keluhan pelanggan, dan dapatkah Anda memberikan contoh penyelesaian masalah keluhan?

Skenario wawancara untuk peran yang dihadapi pelanggan bertujuan untuk menggali lebih dalam keterampilan dan kemampuan layanan pelanggan Anda untuk menangani dan menyebarkan contoh pelanggan.

Cara mengatasi keluhan:

  • Dengarkan – pastikan Anda tahu persis apa yang membuat pelanggan tidak senang
  • Yakinkan – beri tahu pelanggan bahwa Anda siap membantu dan berkomitmen untuk memperbaiki masalah
  • Minta maaf – ambil kepemilikan dan minta maaf kepada pelanggan
  • Perbaiki – lakukan apa yang Anda bisa untuk memperbaiki masalah dan lakukan tindakan untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi

Contoh:

“Sebagai manajer akun, saya bertanggung jawab untuk menjaga hubungan klien. Namun, dalam satu contoh karena kurangnya pemahaman, saya membuat asumsi tentang kebutuhan klien untuk sebuah proyek. Yang ternyata salah. Saya mengambil kepemilikan dan segera meminta maaf. Saya memastikan ini tidak akan terjadi lagi dengan selalu mendengarkan dan meminta kejelasan di masa depan – hanya untuk memastikan.”

5. Jelaskan saat Anda mengalami kegagalan dan bagaimana Anda mengatasinya?

Pertanyaan wawancara berbasis kompetensi bertujuan untuk menilai evaluasi diri Anda sendiri. Bertanya tentang saat Anda mengalami kegagalan adalah contoh sempurna dari ini.

Ada dua bagian untuk pertanyaan ini. Bagian pertama menggambarkan kegagalan itu sendiri dan yang kedua adalah bagaimana Anda mengatasinya. Pewawancara paling tertarik pada yang terakhir.

Apa yang Anda pelajari dari kegagalan dan apakah Anda sekarang melakukan sesuatu yang berbeda karena itu?

Contoh:

“Saya menjadi terbebani dengan stres karena saya tahu saya tidak dapat menyelesaikan proyek tepat waktu. Alih-alih meminta bantuan atau berkomunikasi dengan atasan saya, saya berusaha menyelesaikannya sendiri karena saya takut akan terlihat tidak kompeten. Melihat ke belakang, saya seharusnya meminta perpanjangan tenggat waktu dan mengatur waktu saya dengan lebih baik.”

Ini adalah lima pertanyaan wawancara berbasis kompetensi teratas kami. Ingatlah untuk menggunakan teknik STAR dan jawablah dengan integritas dan ekspresikan kemampuan untuk mengevaluasi diri sendiri.

Semoga beruntung!

Jika Anda memiliki pertanyaan – tanyakan di komentar atau @BubbleJobs.


Cashback terbesar Result SGP 2020 – 2021. Undian besar yang lain muncul diperhatikan secara terstruktur melewati berita yg kita sampaikan di website ini, lalu juga siap ditanyakan terhadap layanan LiveChat support kami yang siaga 24 jam On the internet untuk meladeni seluruh maksud para tamu. Yuk secepatnya join, dan kenakan cashback Lotto serta Kasino On the internet terhebat yang hadir di web kita.