Posted in Online, Pengeluaran SGP
February 20, 2021

5 Hal Yang Tidak Pernah Dilakukan Dalam Gelembung Wawancara Pekerjaan

Kami telah memberikan banyak nasihat tentang apa yang HARUS DILAKUKAN dalam wawancara kerja (seperti ini dan ini) tetapi kami jarang memberi tahu Anda apa yang tidak boleh Anda lakukan dalam wawancara. Ada pilihan yang jelas seperti jangan kasar, jangan datang terlambat, jangan berpakaian tidak pantas… Tapi bagaimana dengan kesalahan yang lebih halus yang bisa Anda lakukan yang membuat Anda kehilangan pekerjaan berikutnya?

Tempatkan kesalahan

Banyak pertanyaan wawancara kerja berbasis situasional. Artinya, jawaban Anda akan berkisar pada pengalaman masa lalu dan harus berisi penekanan pada resolusi. Dikenal juga sebagai teknik STAR (situasi, tugas, tindakan dan hasil).

Ambil contoh pertanyaan wawancara, bagaimana Anda menghadapi situasi sulit? Pendekatan negatif untuk pertanyaan ini adalah menyebutkan masalah sebelumnya dengan rekan kerja dan menunjukkan kesalahan pada pemberi kerja sebelumnya.

Sebaliknya, jawaban yang berhasil akan mengakui bahwa terkadang kesulitan tidak dapat dihindari dan cara Anda mengatasinya serta menangani tekananlah yang menjadikan Anda kandidat sejati.

Jangan bilang: “Majikan saya sebelumnya selalu ingin pekerjaan selesai pada saat-saat terakhir dan rekan kerja saya tidak bisa mengikutinya.”

Pilih dengan cermat jenis skenario yang ingin Anda jelaskan. Anda masih dapat menjelaskan bagaimana sebelumnya Anda akan bekerja dengan tenggat waktu yang ketat tetapi melibatkan penyelesaian. Manajemen waktu, memprioritaskan dan memasukkan jam tambahan dipandang positif oleh calon pemberi kerja. Pastinya jangan menyebut nama drop!

Bertindak… Tidak profesional

Perilaku tidak profesional dapat langsung mengurangi peluang kerja Anda. Ini bisa muncul dalam berbagai bentuk, seperti;

  • Bahasa tubuh dan postur tubuh yang buruk
  • Kekasaran
  • Sikap
  • Bingung
  • Kurangnya kontak mata
  • Defensif dan argumentatif

Semua itu akan mempengaruhi keseluruhan persepsi pewawancara tentang Anda. Semakin Anda membungkuk di kursi, gagal melakukan kontak mata, atau menjadi defensif ketika ditanya pertanyaan sulit, semakin jauh Anda akan menjauhkan pewawancara.

Jangan bilang: “Ada di CV saya.”

Pewawancara baru saja bertanya kepada Anda apa pengalaman Anda dengan bidang pekerjaan tertentu, yang berarti mereka mungkin ingin Anda menjelaskan sesuatu yang sudah mereka ketahui ada di CV Anda. Menjawab dengan ‘lihat CV saya’ memberi peluang bagi Anda untuk menjelaskan lebih element tentang space yang diminati pewawancara.

Muncul tanpa persiapan

  • Anda tidak tahu apa-apa tentang perusahaan
  • Anda gagal membawa salinan CV Anda ke wawancara
  • Tidak ada persiapan untuk pertanyaan potensial (namun jika Anda membaca weblog ini sekarang, itu adalah indikasi yang baik bahwa Anda sudah!)

Dari perspektif majikan yang tidak siap untuk wawancara kerja menunjukkan konotasi negatif yang berbeda. Anda tidak dapat benar-benar berkomitmen atau tertarik pada peran tersebut jika Anda tidak repot-repot melakukan riset. Anda tidak teratur dan tidak mengatur waktu Anda dengan cukup baik untuk mempersiapkan wawancara. Atau Anda ‘terbangkan itu’ Pendekatannya sombong dan jenis sikap ini tidak membuat pewawancara terkesan.

Ungkapkan informasi pribadi

Informasi pribadi mengenai usia, standing perkawinan, ras dan agama Anda adalah hal-hal yang tidak perlu Anda diskusikan dalam wawancara kerja. Jika pewawancara menanyakan pertanyaan pribadi yang tidak relevan dengan peran yang tidak perlu Anda jawab.

Cobalah untuk juga menghindari menyebutkan space ini atas keinginan Anda sendiri. Ini karena dapat membuat Anda berisiko bias. Diskriminasi dapat terjadi ketika manajer perekrutan menyadari karakteristik pribadi yang tidak relevan dengan peran yang telah Anda lamar dan mempertimbangkannya saat membuat keputusan perekrutan.

Keraguan (tidak semuanya negatif di sini!)

Jangan meragukan dirimu sendiri. Yakinlah bahwa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu dan ingat mengapa Anda awalnya melamar peran ini. Dalam wawancara kerja, rasa gugup terkadang bisa menjadi lebih baik dari kita yang menyebabkan kita meragukan dan mempertanyakan kemampuan kita sendiri, terutama jika ditanya pertanyaan yang sulit. Tetapi cara terbaik untuk mengatasi ini adalah mempersiapkan secara matang sebelumnya.

Pastikan Anda yakin dengan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda saat ini dapat secara positif menghubungkan peran baru tersebut – bersama dengan banyak contoh kehidupan nyata. Dengan cara ini, ini adalah pengingat konstan (sampai wawancara) bahwa Anda mampu dan berpengalaman dalam bidang subjek tertentu.

Apa yang tidak boleh dikatakan:

“Saya tahu saya tidak memiliki banyak pengalaman…”

Aku sangat gugup.

“Saya tidak tahu apakah saya bisa melakukan itu.”

Apa pendapat Anda tentang wawancara yang tidak boleh dilakukan? Beri tahu kami di komentar di bawah atau di Twitter @Bubble.


Undian mingguan Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Bonus khusus lain-lain hadir diamati dengan terjadwal through iklan yg kami sampaikan pada laman tersebut, serta juga bisa ditanyakan terhadap operator LiveChat help kami yang tersedia 24 jam On the web buat mengservis semua kepentingan antara bettor. Mari langsung daftar, dan ambil prize Undian dan Kasino On-line terhebat yg terdapat di internet kami.

Tagged with:

Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*